Penyebab Utama Asam Urat Tinggi Yang Penting Diketahui

Penyebab Utama Asam Urat Tinggi Yang Penting Diketahui

Untuk kali ini kita akan memperjelas masalah penyebab asam urat tinggi yang sering menjadi keluhan masyarakat atau keluarga terutama mereka yang sudah lanjut usia lazimnya.

Penyebab Utama Asam Urat Tinggi Yang Penting Diketahui

Sejatinya semua orang pada tubuhnya telah ada asam urat, tapi ada asupan yang mengakibatkan penumpukan zat asam di dalam darah berlebih merupakan penyebab penyakit asam urat atau penyakit gout. Asam urat adalah kotoran yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang terdapat dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi melalui makanan, maka asam urat yang bertumpuk tersebut akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran mikro yang bermuara di dalam sendi atau di sekeliling jaringan sendi. Ketika kristal-kristal tajam tersebut masuk ke dalam ruang sendi dan mengganggu lapisan lunak sendi, maka terjadilah peradangan yang terasa sangat menyakitkan.

Sendi yang lazim mengalami serangan penyakit asam urat tinggi adalah sendi kaki dan tangan. Tingginya pembentukan kristal-kristal di kedua sendi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh suhu bagian tubuh tersebut yang relatif lebih rendah dibandingkan sendi lainnya.

Sendi lainya yang juga rentan terhadap serangan adalah sendi lutut dan siku. Sedangkan sendi yang jarang terkena serangan adalah yang letaknya dekat dengan badan, seperti sendi leher, punggung, pinggul, dan bahu.

Ada beberapa hal atau faktor yang turut memengaruhi naiknya kadar asam urat di dalam tubuh, diantaranya adalah makanan, minuman keras, minuman dengan kadar gula tinggi, beberapa kondisi medis, obat-obatan, riwayat keluarga, serta jenis kelamin.

Makanan penyebab penyakit asam urat

Makanan yang kaya akan zat purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Contohnya seperti:
  • Jeroan (jantung, ginjal, otak,dan hati).
  • Makanan laut (kerang-kerangan dan ikan yang berminyak).
  • Daging merah (daging babi, sapi, dan kambing).

Minuman dengan kadar gula tinggi

Menurut penelitian dari ahli kesehatan terkemuka, minuman ringan manis atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa sendiri merupakan zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.  Sedangkan minuman ringan diet atau minuman ringan yang kandungan gulanya rendah, tidak membuat seseorang berisiko terkena penyakit ini.

Minuman keras

Jika Anda sering mengonsumsi barang haram ini, maka produksi asam urat di dalam hati akan meningkat, selain itu unsur alkohol juga dapat mengurangi jumlah asam urat yang dibuang melalui urin.

Hampir semua jenis minuman keras yang harus diwaspadai untuk menghindari serangan penyakit asam urat ini seperi bir dan spirit. Terutama bir, minuman keras ini juga mengandung purin yang sangat tinggi. Anda wajib menjauhi ini! Selain bahaya untuk asam urat, tubuh pengkonsumsi juga rentan terkena segala jenis penyakit.

Masalah kesehatan atau kondisi medis yang sebelumnya diderita pasien

Ada beberapa kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat. Artinya seseorang akan rentan terserang gout jika dirinya memiliki atau sedang mengidap:
  • Penyakit ginjal.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Osteoartritis pada tangan, lutut, dan kaki.
  • Diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2.
  • Kadar lemak dan kolesterol yang tinggi dalam darahnya.

Obat-obatan pemicu asam urat

Meningkatnya kadar asam urat serta risiko terkena penyakit gout dapat disebabkan oleh beberapa jenis obat tertentu, di antaranya:
  • Niacin yaitu obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi.
  • Diuretik atau pil air, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga mengobati penumpukan cairan di dalam tubuh yang tidak wajar.
  • Obat-obatan pereda tekanan tinggi lainnya, seperti obat penghambat saluran kalsium, obat penghambat enzim pengubah angiotensin, dan obat penghambat beta.
  • Aspirin merupakan obat penghambat terbentuknya hormon dalam tubuh yang dikenal sebagai prostaglandins. Siklooksigenase, sejenis enzim yang terlibat dalam pembentukan prostaglandins dan tromboksan, terhenti tak berbalik apabila aspirin mengasetil enzim tersebut. Efek samping dari obat ini salah satunya memicu naiknya zat asam dalam darah.

Riwayat kesehatan keluarga

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa penyakit asam urat merupakan penyakit turunan. Dalam riset tersebut ditemukan bahwa satu dari lima penderita  memiliki seorang anggota keluarga yang juga mengidap penyakit yang sama.

Kaitan jenis kelamin terhadap penyakit asam urat

Pria lebih tinggi terkena serangan gout jika dibandingkan wanita pada masa subur. Hal tersebut tidak terlepas dari peran hormon estrogen pada wanita yang mampu menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Sedangkan pada pria, kadar asam urat di dalam tubuh mereka meningkat selama masa puber, dan tetap lebih tinggi dari wanita hingga dewasa.

Ketika wanita memasuki masa menopause, mereka juga akan berisiko terkena serangan gout, meski peningkatan kadar asam urat mereka tidak setinggi laki-laki. Itu sebabnya gejala serangan gout pada penderita wanita terlihat lebih lambat dibandingkan pada penderita pria.

Terlepas dari faktor-faktor di atas, ada juga beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka, namun tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada sendi-sendi mereka. Selain itu di antara beberapa orang yang memiliki kadar asam urat yang sama pun, tingkat kerentanan mereka berbeda-beda. Mengenai hal tersebut, hingga kini belum ada penjelasan yang pasti.

Lihat juga: Pengertian / Definisi, Penyebab, Diagnosis Dan Cara Penanganan Asam Urat

Demikian penjelasan mengenai penyebab utama asam urat yang dapat kami sampaikan kepada pembaca semua. Semoga bermanfaat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Utama Asam Urat Tinggi Yang Penting Diketahui"

Post a Comment