Cara Cepat Menurunkan Asam Urat dengan Makanan Tradisional

Penurun Asam Urat - Asam urat tinggi merupakan penyakit yang tak jarang ditemui terutama dari kalanagan orang yang lanjut usia. Umumnya para orang tua merasakan rasa sakit sehingga tubuh mereka menjadi lemah. Maka dari itulah kami membagikan info mengenai cara cepat menurunkan asam urat dengan makanan tradisional ini.

Asam urat yang tinggi akan berpengaruh pada berkurangnya fungsi ginjal karena terjadi pembentukan kristal didalamnya. Walhasil, biasanya bisa menimbulkan dampak komplikasi penyakit.

Asupan makanan adalah hal yang perlu dipertimbangkan, karena dalam penanganannya makanan merupakan hal pokok yang memiliki dampak pengaruh dan penyebab pada penyakit asam urat tentunya begitu terasa. Maka dari itu, sangat penting bagi penderita, untuk menyuplay tubuhnya dengan memakan-makanan berikut.

Cara Cepat Menurunkan Asam Urat dengan Makanan Tradisional

Makanan Yang Baik Untuk Menurunkan Asam Urat

  • Madu

Tidak ada yang meragukan memang, kalau kita dipinta memilih makanan/minuman yang terbaik untuk dikonsumsi tidak lain adalah madu. Senyawa aktif yang dimiliki madu ini sangat banyak sekali, kita sebutkan seperkecilnya saja seperti chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin yang bekerja sangat baik untuk tubuh terutama penderita asam urat ini.

Dengan rutin mengonsumsi obat cair yang terkenal ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan akan serangan penyakit apapun, bahkan penyakit yang ada pun akan tidak betah dan kabur dengan syarat, kadar keaslian dari madu yang Anda konsumsi itu bagus.
  • Buah Apel

Apel menjadi buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan asam malat pada buah apel yang bisa menetralkan efek asam urat dalam tubuh. Zat ini juga bisa membantu pengeluaran asam urat dari tubuh lewat saluran urin.

Sementara kandungan pektin dalam buah apel bisa menghambat proses oksidasi kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Efek lain dari buah apel adalah bisa meningkatkan peran antioksidan dalam tubuh untuk memerangi radikal bebas dan mencegah pembentukan plak di saluran pembuluh darah. Konsumsi apel setelah makan sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi.
  • Air dan Teh Hijau

Tidak kalah penting dan menarik juga untuk mengatasi asam urat dan bahkan kolestrol tinggi pun yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih bersih serta teh hijau. Melalui saluran urin, air akan mendorong tubuh dalam mengalirkan kadar asam.

Sementara teh hijau berfungsi sebagai mobil pengangkut limbah kotoran yang menyarang dalam tubuh tentunya yang dominan terhadap tingginya asam urat. Selain itu, teh hijau yang kaya akan anti-oksidan ini juga berkhasiat menurunkan kadar LDL. Sangat disarankan bagi penderita untuk merutinkan dua cangkir teh hijau setiap hari.
  • Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah lezat yang rendah akan kadar gula. Buah ini sangat lihai dalam meningkatkan kadar basa yang dapat menurunkan asam urat tinggi pada tubuh. Dengan kandungan yang baik, alpukat tidak susah untuk membantu diet Anda, karena pengaruh dari berat badan berlebih memiliki resiko tinggi terhadap penyakit asam urat yang tinggi.

Agar hasilnya memuaskan, maka saran kami anda perlu melazimkan memakan alpukat mentah-mentah atau bisa juga dijus tanpa bahan tambahan seperti gula atau es batu.
  • Makanan Berserat Tinggi

Segala jenis makanan yang terkandung serat tinggi di dalamnya diyakini mampuh menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Makanan seperti brokoli, oats, seledri, wortel, kale, sawi, tomat dan kubis yang kaya dengan serat ini, dapat berfungsi untuk menyerap kadar asam urat dalam darah kemudian zat berbahaya ini akan dibuang lewat saluran urin dan sangat handal dalam membantu dalam penyerapan sari makanan dalam tubuh dan proses pencernaan.

Bahkan selain itu serat juga mampuh membantu meningkatkan kinerja proses metabolisme dalam organ yang mengurangi kolesterol tinggi.
  • Buah Pisang

Kandungan yang terdapat dalam pisang yang seperti kadar alkali yang cukup tinggi, kadar gula yang rendah, dan sumber kalium bisa menurunkan kadar asam urat. Kalium ini akan membantu mencairkan asam dalam tubuh kemudian dikeluarkan dari tubuh lewat saluran urin.

Namun jika dimakan berlebihan dapat menaikan kadar gula dalam darah. Sementara kalori yang ada dalam semua buah pisang memiliki zat besi yang menunda lapar dalam waktu lumayan lama tujuannya untuk menurunkan berat badan.
  • Minyak Biji Rami

Minyak biji rami menjadi salah satu jenis minyak yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol yang tinggi. Minyak biji rami mengandung setidaknya 45 % serat dan 55 % asam lemak omega 3. Selain itu minyak biji rami yang mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan darah.

Minyak biji rami bisa menjadi pengganti minyak yang biasanya didapatkan tubuh dari sumber biji-bijian dan kacang-kacangan. Kedua jenis makanan ini biasanya dilarang untuk asam urat karena bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh.
  • Bahan Sayuran

Sangat banyak mungkin puluhan jenis sayuran yang dapat membatu menurunkan angka zat asam pada tubuh. Diantara berbagai bahan sayuran tersebut, penulis memilih seledri sebagai penurun asam urat terbaik.

Selain asam urat, terdapat banyak jenis sayuran hijau juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan berat badan, mungkin dikarenakan kadar kalori rendah tapi diperkaya dengan serat.


Masih ada beberapa makanan lain yang baik untuk penderita asam urat khususnya. contohnya yaitu seperti buah ceri, kcang panjang perancis, jeruk nipis, cuka apel, coklat hitam dan lain sebagainya. Semoga artikel ini membantu proses kesembuhan Anda atau keluarga. Terimakasih dan salam sehat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Cepat Menurunkan Asam Urat dengan Makanan Tradisional"

Post a Comment