Komedo Hitam? Ini Penyebab dan 5 Cara Menghilangkannya

Komedo Hitam . Kita sadar bahwa pada faktanya jenis komedo yang terlihat pada penderitanya terbagi menjadi dua, ada yang berwarna putih, terdapat pula yang hitam. Namun keduanya tidaklah berbeda, yaitu sama-sama bikin sakitnya tuh disini (basi).

Komedo Hitam? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Sebelum anda memulai untuk menghilangkan komedo, perhatikan dengan jelas dulu bagaimana jenis komedo dan jenis kulit anda. Ada pula yang membedakan jenis komedo itu menjadi dua juga yaitu komedo terbuka atau blackhead dan komedo tertutup atau whitehead. Sebenarnya itu-itu juga. he

Terdapat komedo pada wajah anda khususnya hidung tentunya akan membuat anda sedikit terganggu dan menurunkan kepercayaan diri (khususnya ketika selfie). Tapi itu mungkin hanya resiko kecil dari dampak komedo tersebut.

Pada dasarnya yang paling mengkhawatirkan bukanlah ke-PD-an itu, karena bisa diatasi dengan camera 360. He. Tapi ketika komedo telah meradang, komedo ini menjadi sebuah infeksi dan memberikan suatu bekas pada wajah yang biasanya susah untuk dihilangkan.

Anjuran saya tentunya jangan sekali-kali anda mencongkel atau menggaruknya dengan tangan/kuku, karena bakteri yang dihasilkan dapat memperluas/menjalar ke kulit sekelilingnya.

Penyebab Komedo Hitam

Komedo dan  jerawat sebenarnya dua jenis penyakit kulit/wajah yang tidak jauh berbeda , jika jerawat tumbuh karena pori-pori yang tertutup kotoran, maka komedo ini disebabkan dari kulit berminyak.
Tapi para ahli medis sedikit berselisih pendapat, yang jelas kedua penyebab kotoran dan minyak tersebut mengakibatkan timbulnya penyakit asing pada bagian kulit yang terserang olehnya.

Untuk penyebab komedo akibat dari minyak berlebih, telah dibahas pada artikel sebelum ini, yaitu: Cara menghilangkan komedo dengan garam. Maka dari itu kali ini saya akan membahas penyebabnya dari kemungkinan kedua, yaitu: kotoran.

Sebagian orang ada yang menyebut komedo ini cacing wajah, mengapa demikian? Menurut saya tidak terlalu berlebihan, karena memang kita tahu bahwa berdasarkan bentuk dari komedo ini jika dikeluarkan akan persis menyeruapi cacing apalagi komedo hitam.

Kemunculan komedo yang disebabkan oleh kotoran yang menempel dan melekat pada wajah, disini para pakar kesehatan memvonis dengan alasan pori-pori yang tersumbat. Kedatangannya pun beragam, bisa karena hembusan debu ketika berkendara, atau bisa juga efek dari kosmetik yang kita pakai. Saran saya agar anda selalu berhati-hati dalam memilih produk kosmetik, pilihlah yang cocok bukan yang baru! Terkadang kita terjebak pada trend. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah salah satu faktor pemicu meningkatnya resiko komedo (hitam).
  1. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
  2. Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  3. Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
  4. Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
Untuk gejalanya saya rasa semua orang telah mengetahuinya. Kemudian, bagaimana sih cara menghilangkan komedo hitam yang paling tepat?
Komedo Hitam? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Cara menghilangkan komedo hitam

Dengan anda mengenali dulu bagaimana jenis kulit dan komedo anda maka anda akan dengan mudah untuk menentukan pembersih apa yang cocok untuk kulit anda. Karena dengan munculnya komedo kebersihan kulit dulu yang harus diperhatikan. 

Selain itu anda juga harus memperhatikan pelembab apa yang anda gunakan untuk wajah. Dan yang perlu anda hidari adalah produk yang menimbulkan komedo antara lain alas bedak, shampo kondisioner, susu pembersih, tabir surya dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk menghilangkan komedo tidaklah kita harus mengandalkan produk-produk yang beredar luas di pasaran. Alam semuanya sudah menyajikan kita untuk penawar segala jenis penyakit, salah satunya komedo ini. Berikut bahan alami yang saya rekomendasikan yang mudah kita dapatkan dirumah:
Menghilangkan Komedo dengan pasta gigi
Selain untuk membersihkan gigi, Pasta gigi ternyata juga bisa menghilangkan komedo membandel di wajah. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi ini cukup mudah, caranya seperti berikut ini:
  • Siapkan 1 sdt pasta gigi mint dan 1 sdt garam
  • Campurkan kedua ramuan tersebut dan aduk secara merata
  • Gunakan campuran tersebut untuk dioleskan pada hidung dan wajah yang berkomedo
  • Lalu biarkan hingga 6 menit
  • Setelah itu, pijat wajah yang sudah dilumuri pasta gigi secara lembut
  • Lalu cuci wajah hingga bersih
  • Untuk menutupi pori pori kulit, gunakan sendok dingin yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas, kemudian ketuk-ketukan pada wajah dan hidung
Menggunakan lidah Buaya
Lidah buaya memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Selain itu Lidah Buaya juga mampu menghilangkan komedo yang membandel, tidak aneh jika banyak produk kosmetik menggunakan Lidah Buaya sebagai bahan dasar produk mereka. cara membuatnya pun cukup mudah sekali.
  1. Siapkan 1 batang lidah buaya yang sudah dibersihkan
  2. lalu, potong lidah buaya tersebut
  3. Kemudian oleskan lendir lidah buaya pada wajah atau hidung yang berkomedo
  4. diamkan selama 15 sampai 20 menit
  5. lalu basuh muka menggunakan air yang bersih
  6. Sebelum menggunakan cara ini sebaiknya cuci muka terlebih dahulu hingga bersih menggunkan air hangat
Masker putih telur
Selain dapat mengencangkan kulit wajah, putih telur juga mampu menghilangkan komedo di wajah. Cara membuatya pun sangat sederhana.
  • Pertama cuci bersih wajah dengan air hangat
  • Kemudian oleskan putih telur menggunakan tangan yang bersih, plastik atau kuas
  • Biarkan masker putih telur tersebut selama 10-20 menit
  • kemudian cuci dengan air hangat
  • terakhir, bilas kembali dengan air dingin agar pori pori kulit tertutup
Menghilangkan Komedo dengan Madu
Khasiat madu untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk mengatasi komedo menggunakan madu adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan 1 sdm Madu
  2. Lalu madu tersebut dihangatkan lebih dulu
  3. Setelah hangat, oleskan madu tersebut di area wajah yang berkomedo
  4. tunggu selama beberapa menit
  5. Kemudian bilas hingga bersih
Dengan buah Lemon
Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan. Buah Lemon juga mampu mengobati dan menghilangkan komedo juga bekas jerawat. Jika Kamu melakukan cara ini secara rutin Komedo akan hilang secara permanen. mau coba? begini caranya:
  • Sebelumnya bersihkan dulu wajah dengan air hangat
  • Siapkan 1 buah Lemon yang sudah dipotong-potong
  • Setalah itu gunakan irisan lemon tersebut untuk digosokkan pada wajah minimal selama 5 menit
  • Kemudian bilas wajah menggunakan air dingin
Info menarik: 32 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Permanen
Terakhir, agar kita bisa meminimalisir munculnya komedo pada wajah atau hidung, selalu bersihkan wajah ketika kita selesai bepergian. Tujuannya tidak lain sebagai langkah pencegahan dan menghindari menyarangnya kotoran yang menjadi penyebab utamanya. Semoga bermanfaat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Komedo Hitam? Ini Penyebab dan 5 Cara Menghilangkannya"

Post a Comment