22 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

22 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah tinggi sehingga membentuk kristal yang menumpuk di sekitar sendi. Daftar 22 makanan untuk penderita asam urat tinggi  ini akan mengontrol produksi asam urat di dalam tubuh Anda. Diet ini memang bukan untuk pengobatan asam urat Anda, tapi bisa membantu mengontrol agar penyakit Anda tidak semakin parah.

Penyebab asam urat tinggi

Sebelum kita mengetahui cara diet dari makanan untuk menurunkan kadar asam urat, ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebab asam urat, berikut ulasannya:
  • Dalam banyak kasus, orang menderita kadar asam urat tinggi karena alasan genetika.
  • Diet yang tak sehat juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Asupan dari makanan tinggi purin, sirup jagung fruktosa tinggi, dan gula pasir dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.
  • Masalah ginjal, hal ini bisa berakibat berkurangnya ekskresi asam urat oleh ginjal.
  • Penurunan berat badan yang cepat dapat meningkatkan kadar asam urat .
  • Beberapa obat, seperti diuretik thiazide, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dengan mengganggu kerja ginjal.

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Anda dapat menemukannya di sekitar Anda dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk memperoleh makanan-makanan ini. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang bisa menurunkan kadar asam urat Anda:

1. Air putih, minum minimal 10-12 gelas setiap hari akan bermanfaat untuk mengeluarkan racun, termasuk kelebihan asam urat dari dalam tubuh.
2. Buah ceri memiliki zat anti-inflamasi bernama antosianin yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Antosianin juga berperan untuk mencegah mengkristalnya asam urat pada persendian. Selain itu ceri juga menetralkan zat asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri pada sendi. Makan 200 gram buah ceri per hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
3. Buah apel, asam malat yang terkandung di dalam buah apel mampu untuk menetralkan asam urat, dengan demikian berarti memberikan bantuan kepada penderita. Agar dapat memperoleh manfaat apel untuk kesehatan Anda harus mengkonsumsi minimal satu apel sehari setiap selesai makan.
4. Jeruk nipis, asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis adalah pelarut asam urat alami. Minum segelas air perasan jeruk nipis minimal sehari dua kali untuk mendapatkan manfaat terbaik jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.
5. Kacang panjang perancis, Makanan lain yang efektif untuk menurunkan kadar asam urat adalah jus kacang panjang Perancis. Jus sehat ini dapat dikonsumsi dua kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.
6. Ekstrak biji seledri, Ini adalah pengobatan rumahan yang populer untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
7. Berries, terutama jenis stroberi, acai berry dan blueberry memiliki sifat anti-inflamasi sehingga Anda dapat memasukkan mereka dalam diet sehat Anda.
8. Cuka apel, tambahkan 3 sendok teh cuka apel pada 8 ons air untuk diminum 2-3 kali sehari.
9. Kacang pinto, kaya akan kandungan asam folat sehingga menjadi salah satu makanan penurun kadar asam urat yang alami. Selain kacang pinto, biji bunga matahari dan lentil harus juga dimasukkan dalam menu makanan Anda.
10. Jus sayuran, seperti jus wortel yang dicampur dengan buah bit dan mentimun menjadi makanan berikutnya yang juga sangat efektif.
11. Produk susu rendah lemak juga dapat menjadi alternatif yang baik.
12. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti Jambu, Kiwi, jeruk nipis, jeruk, lemon, tomat dan sayuran berdaun hijau. Sertakan makanan kaya vitamin C atau suplemen kesehatan dalam diet harian Anda untuk mengurangi asam urat berlebih dalam tubuh dengan memaksanya keluar dari tubuh melalui urin.
13. Makanan tinggi serat, Berdasarkan penelitian dari University of Maryland Medical Center, menambahkan makanan tinggi serat dalam menu harian Anda, dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi menjadi normal. Hal ini berkaitan dengan khasiat serat yang dapat membantu penyerapan asam urat dalam aliran darah Anda, sehingga memungkinkan untuk membuang kelebihan asam urat dari tubuh Anda melalui ginjal. Contoh makanan tinggi serat: Oats, brokoli, apel, jeruk, pir, stroberi, blueberry, mentimun, seledri, wortel, serat akasia, dan barley.
14. Pisang juga bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat. Dengan rutin mengkonsumsi sekitar delapan sampai sembilan pisang per hari selama tiga-empat hari, dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan sendi akibat penyakit ini.
15. Teh hijau, mengkonsumsi setiap hari juga dapat mengontrol kadar asam urat.
16. Black plum mengandung serat alami yang sangat baik untuk penderita asam urat.
17. Tomat, brokoli, dan mentimun adalah sayuran yang Anda harus masukan dalam diet makanan sehat Anda.
18. Cokelat hitam mengandung senyawa teobromina yang sangat baik untuk menjaga kadar asam urat Anda.
19. Sayuran mentah seperti kentang atau jagung juga efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Jika tidak bisa dimakan mentah-mentah, cobalah mengkonsumsi dengan cara di tim ( uap ).
20. Ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat baik untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi. 
21. Madu memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk menghilangkan asam urat pada persendian. Antioksidan pada madu sangatlah tinggi, sehingga sangat baik digunakan untuk pengobatan asam urat.
22. Jus Lemon: Perasan buah lemon yang diseduh dengan air hangat dapat menetralisir racun di dalam tubuh serta menghancurkan kristal asam urat pada persendian. Obat asam urat herbal menggunakan jus lemon disebabkan karena kandungan kalsium karbonat di dalamnya yang efektif dalam proses penghancuran kristal tersebut. Konsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur dan belum mengkonsumsi apapun.
Inilah 22 makanan untuk penderita asam urat tinggi Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu permasalahan sakit-penyakit Anda.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "22 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Tinggi"