Terungkap! Inilah Akibat Asam Urat Tinggi yg Wajib Diwaspadai

Terungkap! Inilah Akibat Asam Urat Tinggi yg Wajib Diwaspadai ~ Asam urat adalah suatu penyakit yang sudah banyak diderita di masyarakat indonesia, mungkin Anda salah satunya, dan terkadang pada saat terjadi serangan asam urat ini akan menggangu seluruh aktivitas yang akan anda lakukan. yang pastinya sampai saat ini terus mencari solusi terbaik untuk penyembuhan sakit asam urat ini. satu hal yang perlu anda ketahui adalah bagaimana komplikasi yang dapat disebabkan oleh asam urat jika kadar asam urat anda tinggi.

Terungkap! Inilah Akibat Asam Urat Tinggi yg Wajib Diwaspadai

Penguraian makanan kaya protein menjadi purin akan menghasilkan asam urat di dalam tubuh. Dalam kondisi normal, asam urat akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui ginjal. Namun jika terlalu banyak asam urat di dalam darah atau ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka asam urat akan terakumulasi di dalam darah dan di jaringan sehingga mengganggu fungsi tubuh dan menyebabkan berbagai macam masalah.

Akibat Asam Urat Tinggi 

Peningkatan asam urat di dalam darah disebut sebagai kondisi hiperurisemia. Berbagai macam permasalahan dapat ditimbulkan hiperurisemia, misalnya asidosis metabolik, pirai, bahkan hingga dapat berujung pada gagal ginjal. Berikut ini beberapa akibat jika kadar asam urat dalam darah tinggi :


Asidosis Metabolik
Asidosis metabolik merupakan suatu kondisi dimana ginjal sulit melakukan pembuangan kandungan asam urat dalam tubuh, sehingga akhirnya asam urat tersebut akan mengkristal dan menempel pada persendian tubuh.

Kondisi asidosis metabolik ini akan meningkatkan frekuensi dari pengambilan nafas, yang nantinya akan membuat keadaan : nafas anda menjadi tersengal-sengal merasa pusing lemas hilangnya kesadaran yang akan berujun pada kematian Asidosis metabolik ini dapat terjadi ketika tubuh memiliki asupan purin yang terlalu tinggi dan meningkatkan kandungan asam urat melebihi standar, yaitu 7 mg / dl.


Batu Ginjal
Peningkatan asam urat dapat juga mengakibatkan pengedapan urat pada ginjal serta mengakibatkan batu ginjal. Jika ukurannya kecil, batu ginjal mampu tak bergejala, tetapi apabila ukurannya besar pasti bakal mengakibatkan beragam tanda-tanda seperti masalah buang air kecil, nyeri pinggang atau mengakibatkan infeksi saluran kencing.

Jika batu ginjal tak diselesaikan dengan baik dan tepat, batu ginjal mampu mengakibatkan tidak berfungsi ginjal dengan baik dan jika ini terjadi anda membutuhkan perawatan dan pengobatan yang lebih serius dan akan memerlikan biaya yang tinggi juga.


Pirai
Pirai merupakan kondisi dimana seseorang mengalami nyeri yang sangat mengganggu dan luar biasa pada bagian sendi-sendi kecil dan bagian telapak kaki. Hal ini merupakan dampak umum yang terjadi ketika mengalami asam urat.

Dari semua efek samping kadar asam urat darah tinggi, pirai akibat secara langsung dari hiperurisemia yang paling umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan nyeri yang tajam pada bagian sendi kecil serta bagian telapak kaki.

Menurut University of Maryland Medical Center, semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi seseorang, maka asam urat yang diproduksi akan semakin banyak. Asupan protein yang tinggi akan mengakibatkan peningkatan purin di dalam tubuh yang kemudian diubah menjadi asam urat.

Jika kelebihan asam urat tidak dibuang oleh ginjal, maka asam urat akan membentuk kristal dan terakumulasi di persendian tangan dan kaki, terutama ibu jari kaki. Kristal yang terbentuk sangat tajam dan menekan jaringan dibawah kulit sehingga menimbulkan rasa yang sangat nyeri, peradangan dan pembengkakan yang disebut pirai. Pirai umumnya ditemukan pada pria namun dapat pula ditemukan pada perempuan dan remaja jika banyak mengkonsumsi protein hewani.


Gagal Ginjal
Asam urat yang tinggi, akan membentuk kristal-kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Selain itu ketidak mampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal, yaitu salah satunya adalah munculnya gejala gagal ginjal, yang tentunya akan sangat berbahaya bagi anda yang menderita asam urat tinggi.


Jantung Koroner
Asam urat tinggi atau Hiperurkemia memiliki hubungan yang erat sekali dengan jenis penyakit jantung koroner. Penyakit ini memiliki suatu sindrom yang menyebabkan adanya kelainan pada bagian insulin, dimana dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, serta menyebabkan hipertensi dan pada akhirnya berujung pada munculnya gejala penyakit jantung coroner.

Dengan berbagai akibat yang ditimbulkan, maka anda perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang dapat timbul dari asam urat yang tinggi ini.


Mengganggu Aktivitas
Rasa sakit yang berlebihan pada bagian persendian akan sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bayangkan ketika tubuh harus bergerak, namun merasakan sakit yang luar biasa pada bagian persendian, pastinya akan sulit untuk bergerak dan pada akhirnya aktivitas menjadi terbengkalai dan terhambat.
Artikel Menarik: 10 Cara Mengobati Asam Urat pada Kaki Tanpa Ribet
Itulah beberapa masalah hidup akibat yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tinggi yang dapat kami ungkapkan dengan tujuan agar pembaca mengatur ulang pola hidup menuju kearah yang lebih baik supaya terhindar dari penyakit ini. Salam sehat semoga bermanfaat!

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Terungkap! Inilah Akibat Asam Urat Tinggi yg Wajib Diwaspadai"