Daftar Nama Makanan yang Mengandung Asam Urat Tinggi Terkini

Daftar Nama Makanan Mengandung Asam Urat Tinggi Terkini

Daftar Nama Makanan yang Mengandung Asam Urat Tinggi Terkini - Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa faktor makanan adalah penyebab utama seseorang mengidap penyakit tertentu, dan menjadi faktor utama pula seseorang hidup dengan keadaan sehat atau terbebas dari berbagai penyakit.

Maka dari itu, penulis sengaja disini merangkai serta membuat artikel khusus mengenai makanan apa saja yang menjadi pemicu utama timbulnya penyakit asam urat. Bagi anda yang sudah sering membuka wawasan mungkin sudah banyak mempelajari, tapi bagi saudara kita yang sedang membutuhkan tentunya ini sangat akan berguna.

Daftar Nama Makanan yang Mengandung Asam Urat Tinggi Terkini

Biasanya terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi pemicu serangan gejala asam urat. Jika berat badan berlebih, mengurangi berat badan adalah langkah utama dalam menangani asam urat. Selain itu, jika Anda memang telah terdeteksi atau berpotensi mengidap rematik asam urat, ada baiknya untuk membatasi diri dari konsumsi hal-hal berikut ini:

Minuman Keras

Bir atau apa pun minuman yang mengandung alkohol kecuali wine dapat memicu tingginya kadar asam urat atau gout. Minuman yang mengandung alkohol ini sangatlah berbahaya terhadap syaraf dan jaringannya, pengguna biasanya kehilangan setengah dari jati dirinya ketika meminum minuman keras. Selain itu, minuman jenis ini dapat memicu dehidrasi.

Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami gangguan dehidrasi atau kekurangan asupan cairan, daya-guna ginjal untuk membuang kelebihan asam urat menjadi berkurang. Maka jika Anda kekurangan air minum, Anda berisiko tinggi serta cenderung mendapat serangan asam urat.

Makanan ber-purin tinggi

Daftar Nama Makanan Mengandung Asam Urat Tinggi Terkini

Makanan yang didalamnya kelebihan kadar purin dapat dengan cepat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Purin merupakan bahan yang terkandung secara alami dalam beberapa makanan dan diproses dalam tubuh menjadi asam urat. Beberapa sayuran dan buah pun ada yang kaya akan zat purin, sebaiknya cek dulu ketika akan memakan sesuatu yang jarang dimakan.

Purin umumnya ditemukan dalam makanan berprotein tinggi, seperti daging merah (daging sapi dan kambing), hati sapi, sajian boga bahari (teri, kerang, sarden), dan sayur bayam. Apalagi jika makanan-makanan ini dikonsumsi secara bersamaan. Sebaiknya batasi konsumsi semua jenis daging, mulai dari daging ayam hingga daging sapi.

Minuman manis

Minuman yang tinggi gula yang umumnya mengandung kadar gula fruktosa. Minuman ringan sebaiknya dihindari. Karbohidrat yang telah diproses seperti roti putih atau mi yang terbuat dari tepung memang memiliki kandungan urin rendah. Namun jenis makanan ini dapat mengakibatkan pertambahan berat badan, sehingga langkah yang lebih baik adalah mengonsumsi karbohidrat sehat dengan serat tinggi, seperti kentang, kacang, dan sayur. Dianjurkan untuk memperhatikan pilihan makanan untuk pengidap asam urat untuk mengurangi risiko.

Jenis obat tertentu

Obat-obatan seperti obat untuk menangani tekanan darah tinggi atau gagal jantung dapat memicu tingginya kadar asam urat. Beberapa contoh jenis obat-obatan yang dapat memicu serangan asam urat adalah beta-blockers, diuretik, aspirin dan siklosporina. Oleh karenanya jika Anda mengidap asam urat yang tinggi, penting untuk menginformasikan sebelum dokter meresepkan obat.

Banyak pusing / stres

Stres akibat penyakit atau prosedur medis seperti operasi dapat menyebabkan meningkatnya kadar asam urat dan memicu rematik.

Menghindari faktor pemicu rematik asam urat memang bukan bertujuan mengobati penyakit tersebut, tapi dapat membantu mengontrol serangan. Pemicu serangan asam urat dapat berbeda bagi tiap orang. Ada yang bisa menurunkan kadar asam urat dengan mengurangi satu jenis makanan saja tapi ada juga yang perlu melakukan lebih banyak hal.


Saran kami terakhir kami, anda harus mengenali faktor pemicu serangan asam urat dari makanan yang konsumsi, maka secara spesifik dapat membuat hidup menjadi lebih sehat dan nyaman. Semoga artikel ini berguna!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daftar Nama Makanan yang Mengandung Asam Urat Tinggi Terkini"

Post a Comment