Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Penyakit rematik asam urat atau gout adalah jenis radang sendi yang secara medis telah terbukti dapat diringankan dengan mengonsumsi dan membatasi makanan untuk penderita asam urat yang harus dikonsumsi dan dihindari tertentu.

Pada dasarnya, pengidap asam urat sebaiknya menjalani pola makan kaya karbohidrat kompleks, protein dalam kadar sedang, dan rendah lemak. Pengaturan pola makan ini bukanlah sarana pengobatan, tapi dapat membantu mengurangi gejala.

Purin dan Rematik Asam Urat

Rematik asam urat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jempol kaki. Peradangan sendi ini disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat, yaitu limbah alami tubuh.

Asam urat adalah salah satu hasil pemecahan zat purin di dalam tubuh. Purin adalah zat alami yang ada di dalam tubuh dan dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Makanan mengandung purin berkadar tinggi membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat. Oleh karena itu, pengidap asam urat perlu menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.

Rematik asam urat dapat ditangani dengan lebih banyak mengonsumsi makanan tertentu yang memperlancar sekresi purin dan membatasi konsumsi makanan serta minuman kaya purin. Berikut ini adalah contohnya:

Perbanyak konsumsi:

  • Buah-buahan, seperti jeruk, melon, apel.
  • Sayuran hijau, wortel, tomat.
  • Air mineral: konsumsi setidaknya 2 liter perhari untuk meluruhkan kadar asam urat.
  • Sumber karbohidrat yang lebih kompleks seperti kentang dan beras merah
  • Makanan mengandung biji-bijian utuh.
  • Susu dan yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak mengandung kadar purin yang rendah dan protein yang tinggi.
Secara spesifik, kita akan mengetahui jenis makanan penderita asam urat yang bagus untuk dikonsumsi, berikut uraiannya:

Buah cerry

Buah ini merupakan makanan yang baik bagi penderita penyakit asam urat. Cerry mengandung zat anti inflamasi sehingga berperan mencegah pengkristalan asam urat yang dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, buah ini juga akan menetralkan zat asam serta membantu mencegah peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Untuk meringankan serta mencegah penyakit asam urat, makanlah buah ini setidaknya 200 gram setiap hari.

Buah apel

Buah apel mengandung asam malat yang memiliki kemampuan menetralkan asam urat. Dengan begitu, ketika penderita asam urat mengonsumsi buah ini maka penyakitnya dapat terkontrol. Konsumsilan buah apel setidaknya 1 buah setiap hari agar penyakit asam urat yang Anda derita bisa lebih cepat diatasi.

Jeruk nipis

Jeruk nipis buah ini memang memiliki rasa sangat asam. Namun kandungan asan sitrat yang ada dapat melarutkan asam urat sehingga gejala asam urat bisa diberantas. Minumlah air perasan jeruk nipis dua gelas setiap hari secara rutin. Selain mencegah dan mengobati asam urat, konsumsi air jeruk nipis juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Air jeruk nipis juga baik untuk Anda yang sedang diet untuk melangsingkan tubuh.

Makanan yang mengandung potasium tinggi

Makanan yang mengandung potasium tinggi juga baik untuk penderita asam urat seperti yogurt, tomat, dan kentang

Buah yang mengandung banyak Vitamin C

Buah dengan kandungan vitamin C juga sangat dianjurkan untuk penderita asam urat contohnya seperti buah pepaya, stroberry, dan jeruk

Pisang

Pisang juga bisa masuk dalam daftar makanan untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi. Konsumsilah 4 hingga 8 buah pisang setiap hari untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan nyeri sendi.

Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat

Penderita asam urat juga harus memenuhi kandungan karbohidrat dalam tubuhnya, contoh sumber makanan yang kaya akan karbohidrat bisa di dapatkan dari nasi, ubi, dan singkong.

Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

Setelah kita mengetahui makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit asam urat, kita wajib pula mengenal makanan pantangan bagi penderita penyakit ini guna untuk kadar asam urat kita tidak bertambah naik yang menjadi penyebabnya. Berikut uraiannya:

Batasi konsumsi:

  • Keju, telur, es krim, kuah daging yang kental.
  • Daging merah: daging sapi, daging kambing, daging kuda dan daging bebek.
  • Makanan kalengan, misalnya sarden, kornet dan lainnya.
  • Daging jeroan seperti hati, otak, ginjal, jantung, usus, hati dan yang lainnya.
  • Beberapa jenis ikan seperti sarden, tuna, makarel, cumi, udang dan remis.
  • Boga bahari seperti kepiting dan udang.
  • Makanan-makanan manis dan minuman ringan yang tinggi kadar gula buah atau fruktosanya.
  • Makanan mengandung ragi seperti roti.
  • Minuman keras, terutama bir.
  • Beberapa sayuran seperti bayam, jamur, kembang kol, bayam, kacang polong, kacang panjang, kacang merah.
  • Makanan yang dimasak dengan digoreng atau diberi santan.
  • Buah seperti durian dan nangka.

Selain memperbarui pilihan makanan, penting bagi pengidap rematik asam urat untuk diet atau menjaga berat tubuhnya dengan berolahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan obesitas juga bisa menjadi faktor risiko utama penyakit rematik asam urat. Semoga artikel mengenai makanan penderita asam urat ini berguna bagi semua pembaca dimanapun Anda berada.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari"

Post a Comment