Meniran Obat Asam Urat Jitu Dan Makanan Pantangan Bagi Penderita

Meniran Obat Asam Urat - Sebagai Negara tersubur, di Indonesia ini jutaan atau lebih tepatnya sangat tak terhitung tanaman yang tumbuh subur, baik itu yang berjenis pohon besar, sampai rumput kecil. Bahkan ada orang yang menganggap Negara ini sebagai miniaturnya surga atau disebut sebagai surga dunia. Begitupun ragam kegunaannya yang sangat melimpah. Ada yang diperuntukan bahan bangunan, bahan dan atau penyedap makanan, sebagai obat dari segala macam penyakit dan tentunya terutama menurut saya sebagai penulis itu sebagai pencegah datangnya penyakit.

Meniran Sebagai Obat Asam Urat Jitu Dan Makanan Pantangan Bagi Penderita

Meniran Obat Asam Urat Jitu

Mayoritas masyarakat kita terutama yang hidup diperdesaan, kebanyakan mereka mengetahui seperti apa wujud dari tanaman Meniran. Tanaman ini memang jenis tumbuhan semak yang sangat mudah ditemukan di sekitar tepi pekarangan rumah, di tepi kampung atau apalagi di hutan belukar. Meniran memang mudah tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti di Negara kita Indonesia.

Tumbuhan meniran merupakan tanaman yang cukup mudah untuk mengidentifikasi tanaman meniran ini, yaiu :
  • Mempunyai daun yang berbentuk sirip genap,
  • Dengan tinggi yang kurang dari 50 cm,
  • Dimana dalam setiap tangkainya,
  • Memiliki daun majemuk dan berbentuk lonjong, dan
  • Pada batangnya berbentuk bulat dan basah.
  • Bunga Meniran terdapat pada uas daun yang menghadap ke arah bawah.
Meskipun tergolong tumbuhan yang gampang ditemukan, namun anda jangan pernah menanggap remeh tumbuhan ini, karena sejatinya tanaman ini mempunyai daya guna untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Banyak sumber kesehatan yang menyatakan bahwa hampir semua bagian pada meniran berguna untuk pengobatan penyakit seperti anti-piretik atau penurun panas, peluruh batuk, peluruh air seni, dan anti-hepatotoksik. Bahkan dalam penelitian terbaru, disebutkan bahwa meniran ini memiliki aktifitas imunomodulator yang sangat berperan dalam memperkuat sistem imun tubuh.

Oleh karena itu, jika kita ingin mendapatkan sistem imun tubuh yang kuat, sebaiknya banyak mengonsumsi meniran secara teratur. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terus terjaga secara optimal, kita pun akan luput dari serangan virus, bakteri, dan mikroba lainnya.

Ketika sistem imun di dalam tubuh bekerja berlebihan, maka meniran akan mengontrolnya untuk menurunkan kerja sistem imun tersebut. Dan sebaliknya, ketika sistem imun kinerjanya menurun, maka flavonoid yang terkandung di dalam meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler kepada reseptor sel yang dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerjanya lagi.

Flavonoid dalam Meniran juga memiliki efek anti-peradangan. Flavanoid merupakan salah satu senyawa yang terdapat pada semua bagian bagian pohon meniran, tapi kandungan paling besar, bisa kita dapatkan pada bagian akar dan daun.

Flavonoid tersusun dari beberapa unsur kimia seperti quercitrin, quercetin, astragalin, isoquercitrin, dan rutin . Flavonid sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam membantu mengatasi penyakit batu ginjal dan asam urat.

Meniran Sebagai Obat Asam Urat Jitu Dan Makanan Pantangan Bagi Penderita

Meniran Sebagai Solusi Berbagai Penyakit Asam urat

Jumlah laki-laki yang terkena penyakit asam urat ini lebih banyak dari pria. Hal tersebut tidak terlepas dari peran hormon estrogen pada wanita yang mampu menurunkan kadar asam urat dan memperlancar pembuangannya melalui ginjal.

Namun keunggulan tersebut hanya berlaku pada wanita yang masih dalam periode subur saja. Setelah wanita mengalami menopause, kadar asam urat lebih mudah meningkat dan mereka pun menjadi rentan terhadap serangan.

Kaum pria biasanya menderita gout setelah berumur 30 tahun, sedangkan bagi kaum wanita lebih besar risikonya setelah berumur 60 tahun. Untuk lebih jelasnya dalam bahasan tentang asam urat ini silahkan anda lihat di postingan saya terdahulu.

Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu: mencegah serangan terulang kembali dan meringankan gejalanya saat kambuh.

Untuk mencegah kambuhnya serangan asam urat, Anda bisa melakukannya dengan memperbaiki pola hidup, seperti menurunkan berat badan bagi yang obesitas atau mengonsumsi obat-obatan penurun kadar asam urat secara teratur, contohnya dengan daun meniran.

Dalam meringankan gejala yang tiba-tiba terasa sakit banget, Anda bisa melakukannya dengan menempelkan kantung es pada bagian sendi yang terasa sakit.

Terdapat dua resep untuk membuat ramuan obat asam urat dari daun meniran ini :

Resep pertama:

Siapkan 5 tanaman meniran segar dan 5 lembar daun kumis kucing. Cuci bersih keduanya lalu rebus dengan 2 gelas air. Tunggu samapi tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sebanyak ½ gelas.

Resep kedua:

Meniran kering, daun kumis kucing kering, sawi tanah kering, kapulaga kering, jahe merah kering @ 10 gram. Rebus semua bahan dengan air satu liter. Biarkan sampai tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari @ 200 ml.

Bagi Anda yang masih bingung seperti apakah rasa sakit yang diberikan oleh penyakit asam urat atau apakah Anda menderita asam urat atau tidak, berikut adalah gejala yang ditimbulkan penyakit asam urat:

– Saat pagi hari bangun tidur dan juga malam hari sebelum tidur sendi akan terasa nyeri.
– Sendi yang diserang yaitu sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, dengkul dan juga pergelangan tangan.
– Sendi terasa ngilu, linu dan sering merasa kesemutan, bahkan jika parah bagian yang terkena asam urat akan memerah dan membengkak.
– Jika asam urat sudah parah maka persendian akan terasa sakit yang tidak tertahankan saat akan digerakkan.
Sakit Malaria

Malaria juga dapat ditanggulangi penyembuhannya dengan air rebusan Meniran. Anda cukup menyiapkan beberapa batang Tanaman Meniran, bunga Cengkeh dan Kayu manis. Cuci semua bahan tersebut. Kemudian, tumbuk sampai halus dan rebus sampai mendidih. Saring dan minumlah sebanyak 2-3 kali sehari.
Sakit Demam

Jika Anda atau keluarga sedang dilanda radang penyakit demam, Meniran juga dapat digunakan untuk mengatasinya. Caranya, cuci Meniran yang sudah disediakan. Kemudian, seduh dengan menggunakan air panas atau bisa juga direbuskan sampai mendidih. Setelah lebih hangat, saring dan minumlah sampai benar-benar habis.
Batu ginjal

Siapkan meniran daun sendok, dan tempuyung yang masih segar @ 30 gram. Cuci bersih semua bahan, lalu rebus menggunakan 4 gelas air. Biarkan sampai tersisa 2 gelas. Angkat dan tiriskan. Bagi tiga air rebusan tersebut. Minum 3 kali sehari @ 1/3 bagian.
Sakit Kuning

Untuk mengobati penyakit kuning, maka Anda cukup menyiapkan belasan tanaman Meniran yang terdiri dari batang, daun, dan akar beserta 2 gelas air susu. Cara membuat ramuannya, tanaman Meniran yang telah dicuci kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan air susu yang sebelumnya telah dipersiapkan. Biarkan sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saringlah untuk kemudian diminum. Lakukanlah 2-3 kali sehari.
Sakit Ayan

Kalau ada di antara keluarga yang sering terkena penyakit ayan atau bahkan Anda sendiri, Meniran bisa menjadi solusi pengobatannya. Caranya, cuci bersih belasan batang Meniran. Kemudian, rebuslah dengan beberapa gelas air sampai akhirnya mendidih. Setelah itu, saringlah dan hasilnya diminum sebanyak ¾ gelas selama 3 hari berturut-turut.

Beberapa penyakit lainnya juga bisa disembuhkan dengan ramuan Meniran ini seperti antibakteri, antikanker, hepatitis kronis, anti TBC, hepatoprotektor, batuk, haid yang berlebihan, disentri, berbagai penyakit kulit seperti korengan, jerawat, dan masih banyak jenis penyakit lainnya yang dapat diatasi dengan meniran ini.

Meniran Sebagai Obat Asam Urat Jitu Dan Makanan Pantangan Bagi Penderita

Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Dikarenakan penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kristal yang terdapat pada persendian yang terjadi karena kadar zat purin yang ada didalam tubuh terlalu banyak atau berlebihan. Banyak dokter yang menyarankan agar penderita asam urat juga memperhatikan asupan makanan agar kolesterol juga masih terjaga, pantangan asam urat dan kolesterol harus dihindari oleh penderita asam urat.

Berikut diantara makanan yang merupakan pantangan bagi penderita asam urat:
  • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  • Burung dan kelelawar.
  • Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  • Bebek, angsa dan kalkun.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein, lemak dan darah.

Demikian ulasan singkat dari penulis mengenai obat alami tanaman maniran yang ampuh menumpas asam urat dan pantangan apa yang harus dihindari oleh penderita tersebut, semoga artikel ini membantu bagi anda sebagai penderita atau keluarga dari yang menderita. Semoga cepat sembuh kembali normal dari sakitnya. amin.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Meniran Obat Asam Urat Jitu Dan Makanan Pantangan Bagi Penderita"

Post a Comment