10 Situs Blog Kesehatan Terbaik [ Artikel, Obat, Makanan & Cara Hidup Sehat ]

10 Blog / Situs Kesehatan Terbaik [ Artikel, Obat, Makanan & Cara Hidup Sehat ]

Urat-ku - Problema kesehatan dimanapun manusia berada memang posisinya sangatlah dipentingkan. Penyebabnya tidak lain karena kita hidup didunia ini tidaklah selalu bahagia dalam keadaan sehat selamanya. Dengan alasan itulah saya ingin memberikan info penting mengenai blog/situs apa saja yang terbaik dalam menyajikan seputar artikel kesehatan, obat, makanan sehat, cara hidup sehat dan lain sebagainya yang sangat kita butuhkan sebagai bahan rujukan.

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Sebelum ke inti pembahasan, ada baiknya saya mencantumkan dulu info seputar kesehatan yang bersumber dari wikipedia berikut:

Dasar-Dasar Pembangunan Kesehatan

Dasar-dasar pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah sebagai berikut:
  1. Semua warga negara berhak memperoleh derajat kesehatan yang optimal agar dapat bekerja, dan hidup layak sesuai dengan martabat manusia.
  2. Pemerintah, dan masyarakat bertanggung jawab dalam memelihara, dan mempertinggi derajat kesehatan rakyat.
  3. Penyelenggaraan upaya kesehatan diatur oleh pemerintah, dan dilakukan secara serasi dan seimbang oleh pemerintah, dan masyarakat.

Kesehatan Menurut Undang-Undang

Dalam Undang-Undang yang dimaksud dengan:
  1. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.
  2. Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara, dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah, dan atau masyarakat.
  3. Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan, dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
  4. Sarana kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan.
  5. Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berguna

Tujuan Pembangunan Kesehatan

Untuk jangka panjang pembangunan bidang kesehatan diarahkan untuk tercapainya tujuan utama sebagai berikut:
  1. Peningkatan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan.
  2. Perbaikan mutu lingkungan hidup yang dapat menjamin kesehatan.
  3. Peningkatan status gizi masyarakat.
  4. Pengurangan kesakitan (morbiditas) dan kematian (mortalitas).
  5. Pengembangan keluarga sehat sejahtera, dengan makin diterimanya norma keluarga kecil yang bahagia, dan sejahtera.

Situs Kesehatan Terlengkap & Terpercaya

10 Blog / Situs Kesehatan Terbaik [ Artikel, Obat, Makanan & Cara Hidup Sehat ]

Dari penjelasan yang saya akan uraikan dibawah ini bukan berarti peringkatnya disesuaikan dengan nomor urut atau singkatnya nomor urut bukanlah nomor peringkat. Untuk masalah penilaian, saya kembalikan kepada kepribadian pembaca sendiri, kalau saya lebih kepada siapa yang paling sering muncul di PageOne, artikelnya lengkap, bahasanya baik/mudah difahami, itulah yang terlengkap meskipun pengikut di medsosnya belum banyak. Ok? Silahkan menyimak!

1. BlogDokter.net
Blog besutan dr. I Made Cock Wirawan, S.Ked ini tidak diragukan lagi akan ke-update-annya, tampilan blog yang sederhana tapi simple dan elegan, blog ini mungkin setahu saya yang paling banyak pengikut di twitter, yaitu 1,36 juta pengikut.

Artikelnya tidak terlalu panjang lebar kemana-mana, simpel, bahasanya mudah. Sepertinya blog dari dokter kita yang satu ini mencerminkan akan sikap sederhana dan ramah yang dimilikinya. Betapa tidak?silahkan Anda cek pada kolom 'Penulis' diblognya, beliau sangat rendah hati sekali, semua orang suka sama yang memiliki watak yang baik tersebut.

Kemanfaatan dari hadirnya dokter yang satu ini telah dirasakan oleh jutaan orang yang acap kali berkonsultasi kepadanya. Maka dari itu, pembaca dipersilahkan menghubungi kontaknya untuk berkonsultasi & menimba ilmu.

2. AloDokter.com
Ini adalah web/blog favorit saya. Meski baru diluncurkan pada bulan Juli 2014, blog alo dokter ini boleh dikata terlengkap, baik dari isi konten, solusi, semua hal yang bersangkutan dengan topik artikel itu sendiri.

Sepertinya di twitter blog ini tidak begitu intens. Pasalnya pengikut dari blog ini baru 2.172 orang saja. Namun tidak begitu terpengaruh buat saya, yang terpenting webnya berisi konten yang original, kumplit & tampilan template sangat elegan.

Kesuksesan web alodokter ini tidak bisa kita tiru dengan mudah, karena kontennya memang berasal langsung dari para ahli kesehatan yang bergabung untuk memberikan suatu manfaat yang sangat besar bagi masyarakat luas.

Tapi semua itu bukan tanpa kekurangan, blog ini menurut saya bukanlah simpatisan obat-obatan tradisional. Karena jika melihat semua daftar penyakit dari A-Z dan pengobatannya semua selalu mengandalkan obat resep dokter saja. Padahal saran dari dokter terpercaya untuk obat herbal ini sangat masyarakat butuhkan.

3. Dedaunan.com
Jika kita mengunjungi website yang satu ini, kita akan disuguhkan dengan tampilan template yang dinamis, enak dipandang dan rasa nyaman yang sesuai dengan tema atau judulnya yaitu dedaunan. Keunggulan yang menonjol dari blog ini terdapat pada sumber pengambilan rujukan yang terpercaya diseluruh dunia, yaitu situs WebMD, NHS dan lain-lain.

Yang saya bilang bahwa rasa nyaman yang tinggi pada web ini adalah tanpa dipenuhi dengan iklan yang terkadang memberatkan loading dan mengganggu pandangan sebagian pembaca. Entah belum atau memang tidak tertarik untuk memasangnya, yang jelas saya banyak mengambil ilmu dari blog ini.

Saya rasa pemiliknya tidak jauh berbeda dengan pemilik blogdokter.net, suka yang sejuk, bersahabat, sederhana, bersahaja dan itulah yang saya bayangkan jika mengunjungi blog ini. Silahkan anda coba sensasinya sendiri.

Keunggulang yang terpenting dari blog ini sama seperti alodokter, memberikan info yang original, akurat dan bahkan yang diutamakan bertopikan seputar masalah kesehatan, kehamilan, diet, dan dari bahan-bahan alami disekitar kita. Menurut saya blog inilah yang terbaik khusunya dalam menjelaskan obat tradisional.

4. CaraSehat.net
Saat pertama kali saya membuka info seputar asam urat, blog inilah yang pertama saya buka. Sekilas memiliki tampilan yang serba putih dan simple, tapi menurut saya tidak kalah elegan dengan web sebelumnya, ini justru menandakan bahwa pemilik web ini seorang penggemar kebersihan dan memang layak untuk memberikan ilmu kesehatan.

Mungkin tidak afdol jika tidak disebutkan kelemahannya, tanpa mengurangi rasa hormat menurut saya blog ini kekurangan alamat/tanda pengenal sebagai ciri pertanggung-jawaban. Kalau dari segi konten, update dan kelengkapan tema sih percaya, dan saya tidak akan memilih blog ini termasuk salah satu terbaik yang membahas kesehatan jika ada kekurangan yang mencolok.

5. klikdokter.com
Salah satu situs terbaik versi saya selanjutnya adalah klikdokter, tidak berbeda jauh dari yang sebelumnya, situs ini sangat kumpli dalam penyajian topik. Bukan hanya itu, di twitter klik dokter sudah mempunyai 73,4 ribu pengikut setianya, ini menandakan banyak orang yang membutuhkan ilmu dari blog ini yang memang sangat relevan.


Bahasa yang mudah dipahami menjadi ciri khas dari blog ini, sehingga pembaca tidak dibuat kebingungan dengan istilah kedokteran. Tema yang dibahas didalamnya pun sangat efisien dengan perkembangan manusia abad ini, yakni seputar berita kesehatan, gaya hidup, profil sehat dan rubrik spesialis.

Pembaca tentunya sangat membutuhkan topik-topik yang demikian, karena sepertinya masalah kesehatan tidaklah jauh dari seputar itu.

6. TanyaDok.com
Dari sekian banyak pengikutnya di twitter yang mencapai 673 ribu itu, mungkin ada yang sependapat dengan saya mengenai kelebihan dari blog ini, yaitu menyajikan fitur tanya-jawab seputar kesehatan yang bisa langsung dijawab saat itu juga.

Selain itu, artikel yang hampir 1 jam sekali updatenya yang membuat saya tercengang. Memang tidak cuma-cuma menamainya dengan tanyadok, pandangan saya ini adalah solusi terbaik masakini. Hal lainnya mungkin klaim yang mencapai 200 dokter pendukung yang menjadi acuan referensi situs ini.

Ketakjuban saya tidak hanya sampai disitu, kenyamanan dan rasa percaya penuh juga menjadi faktor utama saya betah berselancar disitus tersebut. Sensasi demikian Anda akan merasakannya sendiri jika mengunjungi blog tanyadok ini.

7. Hellosehat.com
Situs sangat baik dalam menyediakan layanan info kesehatan. Dibangun dari tahun lalu 2015, situsnya sangat bersih dari kepentingan finansial yang berbeda dari kebanyakan blog-blog lainnya. Hellosehat merupakan sebuah group yang mengedepankan kemajuan dalam bidang kesehatan khususnya di wilayah-wilayah berkembang.

Informasi yang kredibel dari grup besutan perusahaan MedTech inilah yang membuat saya mencantumkan dalam jajaran sepuluh situs kesehatan terbaik. Bisa dilihat dalam segi penyajian konten yang perfeck, halus, dan tentunya bertemakan kesehatan yang baik.

Cara penyajian situs dari sudut menu pun situs ini menurut saya sangat elegan dan pasti disukai banyak pengunjung. Isi konten yang original, berkualitas dan gampang dipahamilah mungkin yang menjadi salah satu keunggulan lain dari blog ini, dan itu yang paling penting. Saya harap  situs-situs seperti ini dapat berkomitmen tinggi dalam hal menjaga kualitas daripada hal tidak penting lainnya. Jangan ragu untuk berkunjung!

8. DokterSehat.com
Ada beberapa dokter yang menjadi backgroud dari salah satu platform kesehatan terbaik yang satu ini, sehingga pembaca tidak usah khawatir akan keakuratan dari informasi yang disuguhkan oleh dokter sehat. Saya termasuk orang yang menjadi pengunjung setia juga blog satu ini, karena ilmu yang ditawarkan begitu jelas dan bisa langsung konsultasi secara gratis.

Bagi Anda yang sedang mencari solusi terbaik khususnya untuk penyakit yang Anda/keluarga derita, ada baiknya Anda memilih blog kesehatan yang satu ini. Selain tampilannya yang menyejukan, blog ini sepertinya tidak terobsesi dengan tawaran iklan yang tentunya mempercepat akses membuka situs tersebut dan memberikan kenyamanan yang baik bagi pengunjunnya. Selengkapnya silahkan kunjungi sendiri yah!

9. Mediskus.com
Desain blog yang dinamis, serta penyajian konten yang baik merupakan keunggulan utama dari blog yang satu ini. Situs yang dirilis oleh seorang dokter yang sangat bersahaja ini tidak kalah dengan situs-situs besar lainnya, setiap Anda memasukan keyword seputar kesehatan ke mesin pencari Anda tidak akan heran dengan kemunculan blog di page-one.

Menurut saya, artikel-artikel dari blog ini sangat lengkap dan bisa berkonsultasi langsung dengan pemiliknya sebagai tanggungjawab atas isi dari konten tersebut. Tapi diatas langit pasti ada langi lagi, begitulah pada kenyataannya. Selamat mengunjungi ya!

10. BlogKesehatanAnda
Ya, tanpa diragukan lagi, blog kita sendirilah yang terbaik atau setidaknya akan menjadi yang terbaik (he). Tapi kata yang paling pantas adalah kita harus menjadi yang terbaik. Intinya siapa lagi yang akan memuji kita jika kita tidak menjadi kebanggan bagi diri sendiri, iya kan? "Iya" Kita harus optimis dan jangan pantang menyerah untuk menuju kesana.


Dan perlu diketahui, bahwa blog yang sedang Anda baca saat penulisan artikel ini belum mempunyai pengunjung. Tapi tidak apalah, yang penting saya ada niat untuk berbagi. Tujuannya tidak lain hanya karena ingin mendapat kemanfaatan bagi banyak orang seperti blog-blog diatas.

Artikel menarik agar mengetahui kadar Kolesterol Normal.

Akhir kata, saya meminta maaf jika ada blog yang saya cantumkan merasa tersinggung atau dari pembaca sendiri ada yang tidak setuju dengan pilihan saya. Dan tidak mengurangi rasa hormat kepada situs-situs besar seperti detik, vivanews dan lain sebagainya yang tidak tercantum dalam artikel ini.

Bukan berarti saya tidak mengetahui nama besar mereka, tapi saya mengetahui bahwa mereka nama besarnya bukan hanya dikesehatan, tapi juga di kategori lainnya, maka dari itu saya tidak mencantumkannya, karena ini khusus saja untuk blog kesehatan

Semoga artikel mengenai 10 blog kesehatan terbaik ini bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan!

Postingan terkait:

22 Tanggapan untuk "10 Situs Blog Kesehatan Terbaik [ Artikel, Obat, Makanan & Cara Hidup Sehat ]"

  1. No.10 so pasti blog saya ya gan.hehe.

    ReplyDelete
  2. Semoga besok blog ane juga nyusul seperti blog2 kesehatan terbaik menurut agan ini..

    Jadi terobsesi nih ane :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya gan... sangat bermanfaat
    btw paling suka yg no 10 gan hehehe

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  5. Trima kasih infonya dapat sebagai tambahan referensi mudah2an blog saya nanti masuk daftar yang direkomendasikan

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. semoga nanti blog ane juga bisa berkembang amin...

    ReplyDelete
  8. sip sob
    yuk mampir ke blog saya
    http://www.rajaemas.club/2017/03/kesehatan-manfaat-sayur-bayam-bagi.html

    ReplyDelete
  9. Saya blogger pemula belum genap satu bulan. Beberapa artikel saya juga ada yang mengacu pada artikel yang termasuk dalam kategori 10 blog kesehatan terbaik ini. Memang informatif dan sangat bagus buat acuan artikel sejenis.

    ReplyDelete
  10. Yaa benar sekali penjelasan di atas terkait blog kesehatan. Aku pun sering kunjungi blog itu, diantaranya alodokter, sama klikdokter. Selain yang dipandu oleh dokter juga infonya mantap mantap

    ReplyDelete
  11. thanks gan infonya, manfaat bangt tuh bagi semua orang.

    ReplyDelete