Informasi Kadar Normal Zat Asam Urat Dalam Darah Pandangan Ahli Kesehatan WHO

Informasi Kadar Normal Zat Asam Urat Dalam Darah Pandangan Ahli Kesehatan WHO - Bagi pembaca yang ingin mengetahui informasi mengenai berapa kadar normal asam urat yang semestinya? Baiklah kami akan bagikan informasi penting ini untuk siapa saja yang membutuhkan. Bila kita ingin mengetahui apapun informasi yang akurat, maka jawaban terbaiknya adalah pergi kepada ahli yang bersangkutan.

Namun dewasa ini kita tidak perlu repot-repot membuang tenaga dan biaya untuk sekedar itu, kini anda hanya perlu membuka gagdet atau komputer yang terakses internet pun sudah cukup akurat. Karena kami pun hasil dari menanyakan kesana-sini dan mendapatkan hasil yang signifikan.

Informasi Kadar Normal Zat Asam Urat Dalam Darah Pandangan Ahli Kesehatan WHO

Informasi Kadar Normal Zat Asam Urat Dalam Darah Pandangan Ahli Kesehatan WHO

Asam urat merupakan bagian dari metabolisme tubuh , namun apabila tidak berlangsung secara normal maka akan terjadi sebuah proses penumpukan Kristal dari asam urat pada persendian yang bisa mengakibatkan rasa sakit yang cukup tinggi. Sebenarnya asam urat sudah ada pada tubuh kita dan bukan suatu penyakit, asal asam urat tersebut dalam angka yang masih normal.

Asam urat adalah bahan kimia yang diproduksi tubuh dengan cara memecah senyawa organik yang disebut purin. Contoh makanan yang mengandung purin antara lain hati, ikan asin, makarel, kacang kering, bir, dan anggur. Purin juga dihasilkan ketika terjadi kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Dengan demikian, maka kadar asam urat dalam darah bervariasi dari hari ke hari tergantung pada jenis makanan dan gangguan pada tubuh.

Banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui berapa nilai kadar normal asam urat dalam tubuh kita menurut WHO. Namun sebelum menjelaskan kadar asam urat tak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu gejala dari asam urat tersebut.

Gejala Asam Urat Tinggi

Persendian yang secara mendadak terasa sangat sakit (terutama sendi Ibu jari kaki) adalah gejala penyakit asam urat (gout) yang paling umum. Biasanya penderita gout ini kaku untuk melangkahkan kaki akibat rasa sakit yang pasti mengganggu. Meski dapat muncul tak kenal waktu, gejala ini umumnya terasa di malam hari. Selain gejala yang talah disebutkan, gejala penyakit asam urat lainnya ialah:
    • Kulit di atas sendi yang terlihat memerah dan mengilap.
    • Pembengkakan di dalam dan di sekitar sendi yang mengalami radang.
    • Saat radang pada sendi mereda, kulit pada area tersebut terlihat mengelupas dan terasa gatal.
    • Rasa sakit yang tidak tertahankan terutama ketika sendi tersentuh benda apa pun, bahkan jika tersentuh selimut sekali pun.

      Sendi yang paling sering di serang penyakit asam urat

      Umumnya sendi-sendi yang letaknya di pangkal anggota badan bersifat rentan terkena serangan penyakit asam urat, terutama jempol kaki. Serangan pada bagian tersebut dialami sekitar tujuh puluh persen penderita untuk pertama kalinya, dan sebagian besar merasakan sakit di beberapa titik jempol kaki mereka.

      Kendati begitu, penyakit asam urat dapat menyerang sendi mana pun dan bisa menyerang lebih dari satu sendi dalam waktu bersamaan, apalagi jika kurang diantisifasi. Selain jempol kaki, sendi-sendi yang rawan serangan penyakit asam urat adalah:
        • Siku
        • Lutut
        • Jari tangan
        • Pergelangan kaki
        • Kaki bagian tengah
        • Pergelangan tangan

          Berapakah Nilai Normal Asam urat pada pria dan wanita? 

          Untuk mengetahui berapa kadar asam urat seseorang, maka perlu pemeriksaan darah dan patokan dari WHO hasilnya adalah sebagai berikut:
          1. Pada pria dewasa nilai normal asam urat adalah 2 – 7,5 mg/dL, sedangkan pada wanita dewasa 2 – 6,5 mg/dL. 
          2. Pada pria di atas 40 tahun, normalnya 2-8,5 mg/dL, sedangkan pada wanita di atas 40 tahun, 2-8 mg/dL. 
          3. Pada anak laki-laki usia 10-18 tahun nilai normal asam urat adalah 3,6-5,5 mg/dL, sedangkan pada anak perempuan 3,6 dan 4 mg/dL. 

          Ketika kadar asam urat di atas nilai normal, maka dikatakan tinggi dan perlu dilakukan upaya agar segera diturunkan. Untuk itu kita harus mengetahui penyebab-penyebab tingginya asam urat.

          Informasi Kadar Normal Zat Asam Urat Dalam Darah Pandangan Ahli Kesehatan WHO

          Jika asam urat di bawah angka normal

          Jika asam urat berada di bawah nilai normal, maka itu tidak menjadi masalah dan tidak perlu dilakukan upaya untuk meningkatkannya. Untuk lebih jelasnya dalam menjaga kadar asam urat tetap normal dan sekaligus mencegah divonis menjadi penderita penyakit asam urat, sebaiknya baca cara pencegahannya.

          Mungkin artikel mengenai informasi batas kadar normal asam urat ini kami cukupkan sampai disini, ini semoga dapat dipahami dengan mudah dan membantu bagi yang mencarinya.

          Postingan terkait:

          Belum ada tanggapan untuk "Informasi Kadar Normal Zat Asam Urat Dalam Darah Pandangan Ahli Kesehatan WHO"

          Post a Comment