AKIBAT MEROKOK SAKIT PERSENDIAN TAMBAH KRONIS

AKIBAT MEROKOK SAKIT PERSENDIAN TAMBAH KRONIS | Asam Urat

Kali ini saya akan membagikan artikel singkat dan semoga bermanfaat yaitu tentang akibat merokok sakit persendian tambah kronis. Sebagai mana kita telah banyak membahas masalah asam urat itu rasa sakit yang terletak pada tulang sendi akibat dari penumpukan zat purin yang berlebih. Penyebab dari sakit sendi tersebut ternyata salah satunya pengaruh dari rokok.

Nyeri sendi merupakan sebuah penyakit pada persendian yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini tidak pandang umur dan jenis kelamin. Salah satu penyebab semakin parahnya penyakit sakit sendi adalah rokok. Pastinya dari kita sudah banyak tahu apa akibat dari merokok. Merokok bisa menyebabkan berbagai masalah lain seperti:
  • Beberapa kasus rokok menyebabkan impoten
  • Meningkatkan resiko terserang kanker ginjal, liver, tenggorokan, lambung dan jenis kanker lainnya
  • Penyempitan pembuluh darah yang nantinya akan memicu penyakit lain
  • Stroke dikarenakan adanya penyempitan pembuluh darah
Bisa dibilang empat (4) akibat merokok ini sudah diketahui sedangkan rokok sebagai penyebab semakin parahnya nyeri sendi baru diketahui setelah seorang dokter wanita yang bernama Dr. Shreyasee Amin menerbitkan hasil laporan penelitiannya di Annals of Rheumatic Disease secara online pada tanggal 7 Desember 2006.

Merokok Memperparah Sakit Sendi

Dr. Shreyase Amin merupakan seorang dokter wanita yang bekerja di Mayo Clinic. Mayo Clinic merupakan sebuah tempat dimana penelitian mengenai pengobatan dilakukan. Mayo Clinic ini ada di Minnesota, Midwestern United State, Amerika. Di Mayo Clinic, Dr. Shreyase Amin bekerja di departemen Rheumatology sebagai salah satu pakar mengenai rematik.

Penelitian dari Dr. Shreyase Amin melibatkan 159 pria yang menderita penyakit osteothirtis dengan tingkat penyakit berbeda – beda. 159 pria tersebut diwawancarai agar para peneliti tahu seberapa berat penyakit yang mereka derita dan seberapa nyeri sendi yang mereka rasakan. Dengan nilai 0-100, 159 pria tersebut memberikan penilaian akan rasa sakit yang mereka rasakan. Nol berarti tidak sakit dan seratus berarti sangat paling sakit. Hasil penelitian tersebut:
  • Penderita nyeri sendi yang tidak merokok hanya memberi nilai hingga : 45
  • Penderita nyeri sendi yang merokok rata-rata memberikan nilai          : 60
Hasil yang tentu mengejutkan bagi tim peneliti dan dunia. Para tim pertama agak heran dengan hasil ini. Menurut Dr. Shreyase Amin, rokok bisa saja membuat nyeri sendi semakin parah karena adanya beberapa kemungkinan:
  • Rokok merusak sel tubuh dan mencegah regenerasi sel
  • Kandungan dalam rokok meningkatkan tekanan oksidasi yang memicu semakin cepatnya perusakan pada tulang rawan. 
  • Rokok dapat meningkatkan kandungan karbon monoksida pada darah sehingga menyebabkan sistem pengangkutan oksigen terganggu sehingga beberapa jaringan tidak menerima pasokan oksigen yang semestinya
Jadi boleh dibilang pengkonsumsian rokok benar-benar harus dikurangi. Ini demi kesehatan kita terutama asam urat karena semakin banyak efek negatif pada tubuh yang dipicu oleh rokok. Bagi kita yang tidak merokok, gunakanlah masker agar kita tidak menghirup asap yang dikeluarkan oleh para perokok. Ingat bahwa perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif.Mungkin cukup sekian artikel mengenai akibat merokok sakit persendian tambah kronis ini. Semoga bermanfaat & Salam Sehat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "AKIBAT MEROKOK SAKIT PERSENDIAN TAMBAH KRONIS"

Post a Comment