Obat Herbal Alami Tradisional Penumpas Asam Urat Alami Yang Ampuh

Agar kita mengetahui obat herbal asam urat alami yang ampuh, sangat disarankan bagi anda pencari info seputar penyakit ini, supaya anda tidak dibingungkan dengan cara mengantisipasinya.

Penyakit asam urat dapat terjadi karena adanya zat purin yang berlebihan di dalam tubuh. Dimana zat ini di dalam tubuh manusia akan diolah menjadi asam urat, yang kemudian akan diatur kadarnya oleh organ ginjal, dimana sisanya akan dibuang melalui air seni.

Obat Herbal Alami Tradisional Penumpas Asam Urat Alami Yang Ampuh

Masalah akan timbul ketika kadarnya yang berlebih, sehingga ginjal menjadi tidak mampu mengatur kadarnya, mengakibatkan kelebihan yang akan tertimbun pada jaringan dan sendi. Penumpukan dalam waktu lama akhirnya menyebabkan rasa nyeri dan sakit di persendian, dan bila didiamkan akan menjadi semakin parah, yaitu terjadi pembengkakan dan peradangan, sehingga lambat laun si penderita tidak dapat berjalan.

Penyebab Penyakit Asam Urat

  • Hal pertama yang harus kita ketahui adalah tentunya dari faktor penyebab penyakit ini. Umumnya ada dua faktor penyebab, yakni faktor dari dalam dan faktor dari luar.
  • Penyebab asam urat bisa dari dalam tubuh manusia sendiri, dikarenakan bawaan genetika dan hormon yang tidak seimbang, sehingga menyebabkan metabolisme tubuh terganggu beriringan dengan kenaikan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu dalam beberapa kasus, kenaikan kadar asam urat juga dapat diakibatkan karena organ ginjal yang bermasalah.
  • Sedangkan faktor dari luar tubuh berkaitan erat dengan asupan makanan sehari-hari. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin menjadi faktor utamanya. Kadar asam urat meningkat seiring dengan masuknya zat purin ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman.
Atau Anda bisa Melihat faktor Resiko dibawah ini :

Faktor Risiko

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh adalah:
  • Gaya Hidup. Konsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi, konsumsi alkohol, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Kondisi Medis. Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hiperkolesterolemia, sering dikaitkan dengan kasus asam urat.
  • Obat-obatan. Pemakaian obat seperti diuretik, aspirin harus diperhatikan dan dikonsultasikan ke dokter karena dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Genetik. Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan sejarah asam urat juga merupakan salah satu faktor risiko.
  • Usia dan Jenis Kelamin. Pria memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat, tapi wanita yang telah memasuki masa menopause juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan pria.

Gejala Asam Urat

Para penderita penyakit ini umumnya akan mengalami suatu gejala seperti: rasa nyeri, pegal linu dan sakit pada persendian ( nyeri sendi ), kesemutan.
  • Jika cukup parah kaki akan membengkak dan mengalami peradangan sehingga kulit terlihat kemerahan.
  • Rasa sakit dan nyeri ketika bergerak.
  • Anggota tubuh yang mengalami gejalanya biasanya adalah pada bagian jari ( kaki dan tangan ), tumit, pada bagian lutut / dengkul, dan pergelangan tangan.
  • Gejala-gejala ini biasanya terasa ketika malam dan pagi hari.
  • Untuk memastikan tentu saja Anda harus melakukan cek laboratorium, karena gejala-gejala di atas belum tentu menunjukan bahwa Anda terkena penyakit asam urat.

Obat Herbal Alami Tradisional Penumpas Asam Urat Alami Yang Ampuh

Obat Herbal Alami Tradisional Penumpas Asam Urat Alami Yang Ampuh

Obat asam urat alami merupakan ramuan tradisional yang telah digunakan secara turun menurun dari leluhur, yang dapat berupa tanaman yang biasa disebut obat herbal asam urat, maupun dari hewan. Pengobatan tradisional pada dasarnya hanya berdasarkan dari pengetahuan, keterampilan, dan praktek berdasarkan teori, serta dari keyakinan dan pengalaman masyarakat yang disampaikan dari generasi ke generasi baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga obat tradisional asam urat kebanyakan belum teruji secara klinis, walaupun tetap dipercaya oleh masayarakat akan keampuhannya. Kami akan memberikan info beberapa resep pengobatan yang dipercayai mujarab dan ampuh bagi suatu masyarakat tertentu dan telah dipakai secara turun-temurun.
Terdapat beragam jenis obat asamurat tradisional dari tumbuhan dan lainnya, namun kami akan membahas beberapa saja dari sekian banyak yang dipercaya mampu untuk menyembuhkan penyakit asam urat.
  1. Daun salam: Daun salam biasanya hanya digunakan sebagai bumbu masakan oleh masyarakat kita. Namun ternyata di dalam daun salam terdapat senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan yakni tannin dan flavonoid. Daun salam dipercaya dapat mengobati penyakit asam urat, karena kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daun salam sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun salam untuk obat herbal ini sudah dikenal sejak dulu, namun sayangnya belum terkenal seperti obat herbal lainnya. Berikut adalah resepnya : 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air + ½ batang sere hingga tersisa 200 cc air, nah air hasil rebusan inilah yang diminum sebagai obat.
  2. Tempuyung: senyawa yang terkandung didalamnya diantaranya, alfa-lactocerol, manitol, inositol, ilica, kalium, flavonoid, dan taraksasterol. Selain dipercaya dapat menaklukan asam urat, tempuyung juga dipercaya untuk penyakit darah tinggi, batu ginjal dan wasir.
  3. Sidaguri: tanaman ini mengandung senyawa alkanoid, fenol, kalsium, tanin, saponin, asam amino, minyak asiri, zat phlegmatic, kalsium oksalat, steroid, flavonoid, dan efedrin. Sidaguri juga bisa digunakan untuk rematik dan asma. Resepnya adalah rebus akar sidaguri kering ( di iris tipis-tipis) secukupnya (10-15gr) dalam 3 gelas air, sampai air tersisa 1 gelas, kemudian diminum sehari 2 kali masing-masing 1/2 gelas. Obat tradisional ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil karena dapat melemahkan kandungan.
  4. Kumis kucing dan meniran: senyawa yang terkandung didalam meniran antara lain filantin, hipofilantin, kalium, damar, tanin, dan flavonoid yang dipercaya manjur untuk asam urat. Sedangkan kumis kucing umum sekali digunakan untuk memperlancar saluran air seni dan penghancur batu ginjal. Namun ternyata kumis kucing juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida yang berguna untuk membuang kelebihan asam urat dari tubuh. Resepnya adalah 5 lembar daun kumis kucing, 5 ranting kecil meniran direbus dalam 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Resep ini dapat diminum beberapa kali sehari.
  5. Sambiloto: resepnya adalah 30 gram sambiloto segar, 15 gram sambiloto kering dan 25 gram kunyit. Cuci bersih semua bahan, kemudian rebus dalam 3 gelas air, tunggu sampai air menjadi setengahnya. Resep ini dapat diminum 2 kali sehari.
  6. Air Putih; Anjuran dunia kesehatan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari memiliki fakta yang mengagumkan untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsinya, kinerja ginjal dalam mengeluarkan sisa zat purin akan semakin efektif dibandingkan dengan orang yang jarang konsumsi air putih. Pengeluaran zat purin bersamaan dengan urin yang dikeluarkan, tentu akan meminimalisir terjadinya pengkristalan di dalam sendi.
  7. Madu: Madu memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk menghilangkan asam urat pada persendian. Antioksidan pada madu sangatlah tinggi, sehingga sangat baik digunakan untuk pengobatan asam urat. Proses pengeluarannya dengan memanfaatkan kerja ginjal dan mempermudah penghancurannya. Caranya dengan konsumsi 1 sendok madu pada pagi dan malam hari secara rutin.
  8. Jus Lemon: Perasan buah lemon yang diseduh dengan air hangat dapat menetralisir racun di dalam tubuh serta menghancurkan kristal asam urat pada persendian. Obat asam urat herbal menggunakan jus lemon disebabkan karena kandungan kalsium karbonat di dalamnya yang efektif dalam proses penghancuran kristal tersebut. Konsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur dan belum mengkonsumsi apapun.
  9. Terapi Bekam: Therapy ini bermanfaat untuk mengeluarkan secara langsung darah kotor atau yang cenderung berhenti di permukaan pembuluh balik ( Vena ). Dengan demikian maka darah sehat bisa berjalan normal lagi tanpa terganggu sumbatan darah kotor atau darah yang cenderung berhenti. Darah bersih yang telah selesai tugas memberi makan sel-sel organ, akan mengambil semua kotoran sisa metabolisme, racun atau penyakit (pathogen), untuk dibuang melalui keringat dan air seni. Maka jika kotoran ini langsung dibuang dengan teknik bekam akan sangat membantu percepatan detoksifikasi (pembuangan racun) yang ada pada organ setempat.  
  10. Bidara: Tanaman Bidara mengandung senyawa aldehid, alkane, flavanoid, keton, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium. Cara membuat ramuan: Rebus 10 gram daun Bidara, 10 gram Temulawak, 1 gram Buah Lada, dan 9 gram Komfrey ke dalam 5 gelas berisi Air. Rebus hingga mendidih dan air berkurang 2 gelas. Minum ramuan alami tersebut setiap hari sewaktu pagi, siang, dan menjelang tidur malam. 
  11. Kayu Manis: Sediakan kapulaga, cengkih, jahe merah, kayu manis, biji pala, dan lada. Rebus semua bahan tadi hingga air menguap setengah. Saring lalu minum ramuan tadi. 
  12. Bangle: Sediakan jahe, kapulaga, lada, cengkih, biji pala, kayu manis, dan Bangle. Rebus seluruh bahan tadi ke dalam air. Biarkan mendidih hingga air susut ½ dari semula. Minum dengan cara seperti di atas. 
  13. Buah–buahan yang Kaya Vitamin C: Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya Vitamin C dapat menurunkan kadar Asam Urat. Vitamin C sangat berperan untuk melarutkan Asam Urat dalam darah.
  14. Daun Sosor Bebek: Sediakan biji pala, cengkih, kapulaga, jahe, dan daun sosor bebek. Untuk membuat ramuan penurun Asam Urat, cara seperti di atas.
  15. Sayuran segar: Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran yang masih mentah, seperti jagung dan kentang. Sayuran tersebut mampu menurunkan Asam Urat. Selain itu, anda bisa mengkonsumsi buah naga, jahe, belimbing wuluh, labu kuning, sawi putih, sawi hijau, tomat, dan serai.
  16. Buah Cherry: Anti-inflamasi pada buah ini berkhasiat untuk menurunkan kadar Asam Urat dalam tubuh.
  17. Susu Rendah Lemak: Susu dan yoghurt juga sangat efektif menurunkan kadar Asam Urat secara alami. 
      Resep obat penumpas Asam Urat alami yang mujarab berdasarkan dari pengalaman suatu kebudayaan tertentu, sehingga akan lebih baik bagi Anda untuk mengkonsultasikan kepada dokter Anda, sebelum mengambil keputusan untuk mencoba salah satu pengobatan di atas. Meskipun jarang sekali terjadi kasus efek samping yang merugikan tubuh yang diakibatkan mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal.

      Pantangan penderita asam urat

      • Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
      • Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
      • Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
      • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
      • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
      • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
      • Bebek, angsa dan kalkun.
      • Burung dan kelelawar.
      • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
      • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
      • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
      • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
      • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
      • Makanan kaya protein, lemak dan darah.
      Demikian ulasan singkat dari saya mengenai obat alami asam urat yang ampuh tersebut, semoga artikel ini mebantu & berguna bagi anda sebagai penderita atau keluarga dari yang menderita dan semoga lekas sembuh.

      Postingan terkait:

      Belum ada tanggapan untuk "Obat Herbal Alami Tradisional Penumpas Asam Urat Alami Yang Ampuh"

      Post a Comment